Skip to main content

A.24. Associated Function

Chapter ini membahas tentang associated function. Kita akan belajar apa itu associated function dan apa perbedannya dengan fungsi biasa.

A.24.1. Associated item & associated function

Associated item adalah item yang memiliki asosiasi/hubungan dengan struct atau trait. Item di sini bisa dalam banyak hal, bisa berupa fungsi atau lainnya.

Fungsi yang terhubung dengan suatu struct atau trait disebut dengan associated function. Fungsi jenis ini ekuivalen seperti fungsi biasa, perbedaannya adalah pada deklarasinya yang harus berada di dalam blok kode impl, dan pemanggilannya harus menggunakan notasi path NamaStruct::nama_fungsi.

  • Lebih jelasnya mengenai trait dibahas pada chapter Traits
  • Lebih jelasnya mengenai macam-macam item dibahas pada chapter Path & Item

Ok, mari kita lanjut ke bagian praktik. Silakan tulis kode berikut terlebih dahulu.

#[derive(Debug)]
struct LegoSet {
code: i32,
name: String,
category: String,
age_minimum: i32,
}

fn main() {
let rough_terrain_crane = LegoSet{
code: 42082,
name: String::from("Rough Terrain Crane"),
category: String::from("Technic"),
age_minimum: 11,
};

println!("{:#?}", rough_terrain_crane);
}

Sebuah struct bernama LegoSet didefinisikan memiliki 4 buah property. Di blok kode fungsi main, dibuat sebuah variabel bernama rough_terrain_crane yang merupakan object/instance dari struct LegoSet, kemudian object tersebut di-print.

Object struct bisa di-print menggunakan macro println karena pada definisi struct ditambahkan attribute #[derive(Debug)].

Lebih detailnya mengenai attribute dibahas pada chapter Attributes.

Selanjutnya kita siapkan dua buah fungsi yang berasosiasi dengan struct LegoSet.

A.24.2. Keyword impl

Keyword impl digunakan untuk membuat associated item.

Pada konteks ini keyword tersebut digunakan untuk membuat associated function untuk struct LegoSet, sebuah fungsi bernama new dengan tugas adalah untuk membantu pembuatan object LegoSet.

Silakan tambahkan blok kode impl berikut setelah definisi struct LegoSet.

#[derive(Debug)]
struct LegoSet {
code: i32,
name: String,
category: String,
age_minimum: i32,
}

impl LegoSet {

fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
LegoSet { code, name, category, age_minimum }
}
}

Notasi penulisan keyword impl bisa dilihat pada contoh di atas, cukup tulis saja keyword tersebut diikuti nama struct yang diinginkan, kemudian diikuti dengan blok kode berisi definisi fungsi.

Fungsi dalam blok kode impl adalah yang disebut dengan associated function. Pada contoh di atas, fungsi new memiliki asosiasi dengan struct LegoSet.

Lanjut, panggil fungsi new tersebut untuk membuat object baru bernama xtreme_offroader lalu print isinya.

fn main() {
let rough_terrain_crane = LegoSet{
code: 42082,
name: String::from("Rough Terrain Crane"),
category: String::from("Technic"),
age_minimum: 11,
};
println!("{:#?}", rough_terrain_crane);

let xtreme_offroader = LegoSet::new(
42099,
String::from("4X4 X-treme Off-Roader"),
String::from("Technic"),
11,
);
println!("{:#?}", xtreme_offroader);
}

Associated function

Bisa dilihat pada blok kode main, cara pemanggilan associated function adalah dengan menuliskan nama struct diikuti nama fungsi dengan notasi penulisan path.

NamaStruct::nama_fungsi();
NamaStruct::nama_fungsi(arg1, arg2, arg3, arg4);
LegoSet::new(arg1, arg2, arg3, arg4);

Jadi seperti itu, semoga cukup jelas. Silakan berkreasi dengan menambahkan associated function lainnya agar makin terbiasa. Contoh:

impl LegoSet {

fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
LegoSet { code, name, category, age_minimum }
}

fn what_is_lego() {
println!("Lego is a line of plastic construction toys")
}
}

fn main() {
LegoSet::what_is_lego();

let xtreme_offroader = LegoSet::new(
42099,
String::from("4X4 X-treme Off-Roader"),
String::from("Technic"),
11,
);
println!("{:#?}", xtreme_offroader);
}

◉ Fungsi LegoSet::new

O iya, sedikit tambahan info saja, fungsi new di-atas didefinisikan menggunakan metode field init shorthand.

fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
LegoSet { code, name, category, age_minimum }
}

// ... adalah ekuivalen dengan ...

fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
LegoSet {
code: code,
name: name,
category: category,
age_minimum: age_minimum
}
}

Naming convention associated function

Sesuai anjuran di halaman dokumentasi Rust, snake case digunakan dalam penamaan associated function. Contoh:

impl NamaStruct {

fn nama_associated_func() {
// ...
}
}

A.24.3. Tipe data Self

Tipe data Self (perhatikan huruf S-nya adalah kapital) merupakan representasi untuk tipe data struct atau trait di mana blok kode impl dideklarasikan.

Tipe data Self hanya bisa digunakan dalam blok kode impl

Sebagai contoh, pada kode yang sudah dipraktikkan, keyword impl diterapkan dalam pembuatan associated items untuk struct LegoSet. Dalam blok kode tersebut, tipe data LegoSet bisa diganti dengan Self.

Silakan lihat contoh di bawah ini, ada 4 buah cara deklarasi fungsi new yang kesemuanya adalah ekuivalen.

impl LegoSet {
fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
LegoSet { code, name, category, age_minimum }
}
}
impl LegoSet {
fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> LegoSet {
Self { code, name, category, age_minimum }
}
}
impl LegoSet {
fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> Self {
LegoSet { code, name, category, age_minimum }
}
}
impl LegoSet {
fn new(code: i32, name: String, category: String, age_minimum: i32) -> Self {
Self { code, name, category, age_minimum }
}
}

A.24.4. Associated function dalam module

Struct adalah salah satu dari beberapa item yang ada di Rust. Struct bisa saja berada dalam sebuah module, baik inline maupun normal module.

Sekarang, kode yang sudah dipraktikkan di atas akan kita refactor. Struct LegoSet beserta associated items-nya dipindah ke module file bernama lego, dengan itu maka pemanggilan struct tersebut harus menggunakan path lego::LegoSet.

Kurang lebih struktur package mendi seperti ini:

package source code structure
my_package
│─── Cargo.toml
└─── src
│─── lego.rs
└─── main.rs

Associated function

Ada yang aneh, padahal pemanggilan struct LegoSet sudah diganti menjadi lego::LegoSet, tapi kenapa ada error di kode? Silakan hover baris kode yang ada highlight merah, atau jalankan saja program untuk melihat detail errornya.

Associated function

Error muncul karena struct LegoSet adalah private. Solusinya cukup tambahkan keyword pub dalam definisi struct beserta associated function-nya.

Untuk blok kode impl tidak perlu ditambahi keyword pub

Ok, setelah update diaplikasikan, coba lihat lagi. Sekarang error-nya berubah, bagian baris pengisian property struct yang jadi error.

Associated function

Error ini terjadi karena property dari struct terdeteksi sebagai private. Solusi yang bisa dipergunakan ada 2:

  • Tambahkan saja keyword pub pada definisi property struct.

    src/lego.rs
    pub struct LegoSet {
    pub code: i32,
    pub name: String,
    pub category: String,
    pub age_minimum: i32,
    }
  • Atau, tetap biarkan property struct sebagai private, namun pada semua statement pembuatan object menggunakan tipe tersebut harus selalu dilakukan via lego::LegoSet::new().

    src/main.rs
    let object = lego::LegoSet::new(
    42099,
    String::from("4X4 X-treme Off-Roader"),
    String::from("Technic"),
    11,
    );

Opsi mana yang paling pas? Pertanyaan ini jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan case. Jika memang property struct di-desain agar private (tidak perlu diakses secara publik), maka gunakan saja associated function dalam pembuatan object-nya.

Namun jika memang ada kebutuhan salah satu property atau kesemuanya harus bisa diakses secara publik, maka tambahkan keyword pub sesuai kebutuhan.

A.24.5. Tuple struct associated function

Sama seperti struct, tuple struct juga bisa memiliki associated items. Cara deklarasi dan pemanggilan item-nya juga sama.

Pada contoh berikut, tuple struct Color memiliki 3 buah associated functions, yaitu red, green, dan blue.

package source code structure
my_package
│─── Cargo.toml
└─── src
│─── model.rs
└─── main.rs
src/model.rs
#[derive(Debug)]
pub struct Color(i32, i32, i32);

impl Color {

pub fn red() -> Self {
Self(255, 0, 0)
}

pub fn green() -> Self {
Self(0, 255, 0)
}

pub fn blue() -> Self {
Self(0, 0, 255)
}
}
src/main.rs
mod model;

fn main() {
let red = model::Color::red();
let green = model::Color::green();
let blue = model::Color::blue();

println!("{:#?} {:#?} {:#?}", red, green, blue);

let random_color = model::Color(12, 25, 47);
println!("{:#?} ", random_color);
}

Hmm, ada yang aneh, karena suatu alasan statement model::Color dianggap error.

Associated function

Error ini sebenarnya mirip dengan error praktik sebelumnya, ketika mencoba membuat object baru dari struct sedangkan property struct tersebut adalah private.

Pada kasus struct, solusinya cukup dengan tambahkan keyword pub atau siapkan associated function untuk pembuatan object. Pada tuple struct, solusinya juga mirip, ada dua opsi yang bisa dipilih.

  • Tambahkan saja keyword pub pada definisi parameter tuple struct.

    src/model.rs
    // before
    pub struct Color(i32, i32, i32);

    // after
    pub struct Color(pub i32, pub i32, pub i32);
  • Atau, tetap biarkan parameter tuple struct sebagai private, namun siapkan associated function baru untuk pembuatan object struct tuple, seperti ini:

    src/model.rs
    // ...

    impl Color {
    pub fn new(r: i32, g: i32, b: i32) -> Self {
    Self(r, g, b)
    }

    // ...
    }
    src/main.rs
    fn main() {
    // ...

    let random_color = model::Color::new(12, 25, 47);
    println!("{:#?} ", random_color);
    }

Lebih jelasnya mengenai visibility property dibahas pada chapter Module System ➜ Visibility & Privacy


Catatan chapter 📑

◉ Source code praktik

github.com/novalagung/dasarpemrogramanrust-example/../associated_function

◉ Chapter relevan lainnya

◉ Referensi