Skip to main content

A.18. Module System → Path & Item

Chapter ini membahas tentang konsep path dan item dalam Rust programming.

A.18.1. Rust Paths

Paths (atau Path) adalah notasi penulisan alamat sebuah item, contohnya std::time::Duration.

std::time::Duration adalah path untuk item yang isinya adalah struct bernama Duration. Item bisa berupa banyak jenis, bisa saja struct, atau macro, konstanta, atau lainnya. Lebih jelasnya silakan cek pada halaman dokumentasi std::time::Duration.

Sebuah path bisa memiliki banyak bagian (biasa disebut segment), sebagai contoh, path std::time::Duration memiliki 3 segmen yaitu std, time, dan Duration. Karakter :: digunakan dalam penulisan path sebagai pembatas antar segmen (jika path memiliki lebih dari 1 segmen).

Dalam sebuah path, yang disebut dengan item adalah segment terakhir. Contohnya path std::time::Duration, maka item yang dituju adalah struct Duration.

Rust paths mirip seperti konsep filesystem path di sistem operasi. Seperti C:\Users\novalagung\Desktop di windows, atau /etc/nginx/conf.d/nginx.conf di Unix/Linux.

Di Rust, path tidak menggunakan \ atau / sebagai separator, melainkan ::.

Jika di-breakdown, berikut adalah penjelasan dari setiap kombinasi segmen path pada contoh std::time::Duration.

  • Path std → adalah path untuk crate bernama Rust Standard Library, isinya adalah sangat banyak item untuk keperluan umum di Rust programming. Lebih jelasnya akan dibahas pada chapter Rust standard library.
  • Path std::time → adalah path untuk module bernama time, isinya banyak item yang berhubungan dengan operasi waktu/time.
  • Path std::time::Duration → adalah path untuk struct bernama Duration, yang merupakan representasi dari unit waktu.

A.18.2. Absolute & relative paths

Rust mengenal dua jenis path:

  • Absolute path → adalah path yang penulisannya lengkap dari root path, contohnya seperti std::time::Duration.
  • Relative path → adalah path yang penulisannya relatif terhadap current path, contohnya seperti self::my_func, super::my_mod::my_consntan.

Lebih jelasnya mengenai relative path dibahas pada chapter Module System → Scope & Akses Item.

A.18.3. Rust Items

Seperti yang sudah dibahas bahwa path adalah notasi penulisan alamat untuk item. Lalu apa saja yang disebut dengan item? Di Rust ada banyak hal, yang kurang lebih list-nya bisa dilihat berikut:

A.18.4. Penerapan paths dalam penggaksesan item

Pada bagian ini, kita akan coba terapkan path untuk mengakses beberapa item.

Dalam program sederhana berikut, inputan user ditampung sebagai string, kemudian ditampilkan.

fn main() {
// tampilkan intro untuk user agar menginput sebuah pesan
println!("enter a message:");

// variabel yang akan menampung inputan user dalam string
let mut message = std::string::String::new();

// objek reader untuk membaca inputan user
let stdin_reader = std::io::stdin();

// proses pembacaan inputan user
let reader_res = stdin_reader.read_line(&mut message);

// pengecekan apakah ada error dalam pembacaan inputan.
// jika iya, maka tampilkan error dan hentikan program
if reader_res.is_err() {
println!("error! {:?}", reader_res.err());
return;
}

// tampilkan pesan inputan user
println!("message: {}", message);
}

Jalankan program, lalu inputkan sebuah pesan, kemudian enter.

Module system path

Bisa dilihat pesan ditampilkan sesuai inputan. Oke, sekarang kita akan bahas program di atas per-barisnya.

std::string::String::new()

Variabel message adalah string yang dibuat menggunakan tipe data custom String. Salah satu cara pembuatan string bertipe data ini adalah menggunakan statement std::string::String::new().

Bisa dilihat tanda :: digunakan pada statement tersebut. Path tersebut jika dijabarkan per segment:

  • Segment std adalah crate Rust Standard Library
  • Pada path std::string, segment string adalah module
  • Pada path std::string::String, segment String adalah struct String, yang biasa disebut dengan custom type String
  • Pada path std::string::String::new, segment new adalah sebuah fungsi milik struct String yang mengembalikan data bertipe custom string String.
  • Di segment terakhir, yaitu new, ditambahkan tanda pemanggilan fungsi (), yang menandakan bahwa fungsi new dipanggil. Dengan itu maka nilai baliknya (yang berupa String) ditampung oleh variabel message.

Terkesan banyak sekali penjelasan dalam 1 baris kode, tapi tidak perlu dihafal, lama-kelamaan akan terbiasa.

Salah satu yang menarik dari crate Rust Standard Library adalah, beberapa segmen otomatis di-import atau dipakai. Jadi tidak perlu menuliskan path secara full.

Pada contoh yang sudah dibuat, statement pembuatan data String bisa diubah dari ...

let mut message = std::string::String::new();

... menjadi cukup ...

let mut message = String::new();

std::io::stdin()

Berbeda dengan String, path std::io::stdin tidak otomatis ter-import, jadi harus dituliskan secara full meskipun sama-sama dibawah crate Rust Standard Library.

Path std::io berisi module untuk keperluan I/O atau input output. Salah satu item yang ada dalam module ini adalah stdin, yang merupakan sebuah fungsi berguna untuk pembuatan objek handler untuk keperluan yang berhubungan dengan console (stdin). Objek tersebut ditampung oleh variabel stdin_reader.

Secara terminologi, stdin (yang merupakan kependekan dari standard input) adalah sebuah input stream dimana data dikirim dan dibaca oleh program.

Variabel stdin_reader ini kemudian kita gunakan untuk berinteraksi dengan input stream, untuk menangkap inputan user.

stdin_reader.read_line(&mut message)

Method read_line milik variabel stdin_reader berguna untuk menangkap inputan user. Variabel yang disisipkan sebagai argumen pemanggilan method tersebut menjadi penampung inputan user, yang pada contoh ini adalah message.

Perlu diperhatikan bahwa message disisipkan mutable reference-nya sebagai argumen pemanggilan fungsi.

Lebih jelasnya mengenai pointer dan mutable reference dibahas pada chapter Pointer & References

Eksekusi dari statement stdin_reader.read_line(&mut message) adalah blocking, artinya program akan berhenti untuk sementara di baris tersebut, hingga ada inputan dari user dan tombol enter ditekan.

◉ Pengecekan error stdin_reader

Blok statement if pada contoh di atas bertugas melakukan pengecekan error. Jika ada error, maka reader_res.is_err() bernilai true, dan pesan error-nya dimunculkan.

if reader_res.is_err() {
println!("error! {:?}", reader_res.err());
return;
}

◉ Menampilkan isi message

Jika program berlajan sesuai harapan, tanpa error, pada baris terakhir data dalam message ditampilkan ke layar.

Tipe data String ini tidak perlu di-konversi ke bentuk literal string &str untuk ditampilkan menggunakan println. Langsung saja sisipkan variabel String ke macro tersebut dan println akan tau harus menampilkan apa.

Oke, Penulis rasa sudah cukup jelas perihal bagaimana cara menggunakan path untuk mengakses item. Cukup tulis saja path-nya. Jika path-nya panjang? ya ditulis semua.

A.18.5. Penggunaan keyword use untuk import path

Ada alternatif cara lain untuk memperpendek penulisan dan pengaksesan path, yaitu dengan menggunakan keyword use.

Penggunaan use juga sempat dipraktikkan pada chapter sebelumnya, yaitu Perulangan → while.

Cara penerapannya bisa dilihat pada kode berikut:

let stdin_reader = std::io::stdin();

// ... atau ...

use std::io;
let stdin_reader = io::stdin();

// ... atau ...

use std::io::stdin;
let stdin_reader = stdin();

Dengan menggunakan use kita bisa memperpendek pengaksesan sebuah path.

O iya keyword ini bisa digunakan dimana saja, artinya tidak harus di luar fungsi main. Bisa saja di dalam fungsi, atau di dalam blok kode seleksi kondisi atau lainnya.

A.18.6. Pembahasan lanjutan

Kita sudah beberapa kali menerapkan path untuk mengakses item milik crate Rust Standard Library, lalu bagaimana penerapan path untuk internal item, pastinya pada proyek real dalam 1 program akan ada banyak item.

Jawabannya akan ada di beberapa chapter berikutnya. Untuk sekarang khusus pada bagian module system ini, penulis anjurkan untuk mengikuti urutan pembelajaran ebook terlebih dahulu.


Catatan chapter 📑

◉ Source code praktik

github.com/novalagung/dasarpemrogramanrust-example/../path_item

◉ Referensi