Skip to main content

A.34. Ownership

Chapter ini berisi pembahasan tentang ownership, bagaimana Rust melakukan manajemen memory dengan menerapkan approach ownership ini.

O iya, diwajibkan untuk mempelajari terlebih dahulu tentang dasar Memory Management dan juga Pointer & References, yang keduanya adalah dibahas pada chapter sebelumnya. Jika pembaca mempelajari ebook ini secara urut maka tidak usah khawatir.

Pembahasan pada chapter ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipahami dalam Rust programming, karena topik yang berhubungan dengan memory management adalah hal yang krusial pada system programming.

Silakan ulang-ulang chapter ini jika diperlukan.

A.34.1. Konsep ownership

Ownership merupakan kumpulan aturan yang ada di Rust yang dijadikan acuan oleh compiler dalam pengelolahan memory.

Sudah disinggung pada chapter Memory Management bahwa Rust tidak menerapkan GC ataupun ARC dalam manajemen memory-nya. Rust membebankan manajemen memory pada penulis kode program, yaitu kita/programmer.

Aturan ownership ada banyak, dan programmer harus mengikutinya, karena jika tidak, maka proses kompilasi program dan eksekusi program akan gagal dan hasilnya error.

A.34.2. Aturan ownership

Ada 3 aturan penting yang wajib diketahui:

  • Semua nilai/data/value di Rust memiliki owner. Misal kita berbicara tentang deklarasi variabel dengan predefined value, maka value variabel adalah yang dimaksud dengan nilai/data/value, dan variabel itu sendiri adalah owner dari nilai/data/value tersebut.

  • Pada waktu yang sama, hanya boleh ada 1 owner. Satu data, ownernya hanya satu.

  • Ketika eksekusi sebuah block scope selesai, maka owner dari data-data yang ada dalam scope tersebut akan di-drop atau di-dealokasi (dengan pengecualian yaitu owner berpindah ke luar scope).

A.34.3. Variable scope

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih detail mengenai ownership, mari pelajari terlebih dahulu tentang apa itu variable scope.

Variable scope maksudnya adalah di block scope mana suatu variabel dideklarasikan, dan dalam block scope tersebut variabel menjadi valid (bisa digunakan). Di luar scope-nya variabel menjadi tidak valid, tidak bisa digunakan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan kode berikut, tidak perlu dipraktikkan.

fn do_something() {
let data_one = "one";
// ...
}

fn main() {
let data_two = "two";
// ...

{
let data_three = "three";
// ...
}

do_something();

if true {
let data_four = "four";
// ...
}
}

Program di atas memiliki 4 buah block kode:

  • Block fungsi main, yang isinya adalah variabel data_two dan beberapa sub-block dan 1 buah pemanggilan fungsi. Di dalam block fungsi main, variabel data_two adalah valid, dan bisa digunakan dalam fungsi scope tersebut beserta sub-block lainnya (block expression dan block kode if).

  • Block expression yang berisi variabel data_three. Pada block scope ini, variabel tersebut dan juga variable data_two adalah valid.

  • Block fungsi do_something, yang isinya variabel data_one. Variabel tersebut hanya akan valid dalam block fungsi do_something.

  • Block seleksi kondisi if. Variabel data_four berada dalam block ini, maka variabel tersebut adalah valid dalam block tersebut. Selain itu data_two juga valid dalam block seleksi kondisi if ini.

Intinya, variabel adalah valid ketika berada di dalam scope-nya (istilahnya into scope), dan variabel menjadi tidak valid atau invalid ketika keluar dari scope (istilahnya out of scope).

A.34.4. Copy semantics vs. move semantics

Di atas sudah dijelaskan mengenai aturan ownership, yang salah satunya adalah setiap data yang ada di Rust memiliki owner, dan 1 data owner pasti 1 (tidak lebih).

Agar lebih jelas mari kita perhatikan contoh berikut:

let x = 24;
let y = x;
println!("x: {:?}, y: {:?}", x, y);

Ownership

Variabel x dideklarasikan dengan nilai 24, artinya variabel tersebut adalah owner dari data 24. Kemudian variabel x dijadikan sebagai nilai variabel baru bernama y, dari sini apakah berarti owner data 24 adalah berpindah dari variabel x ke y? jawabannya adalah tidak.

Yang terjadi adalah data 24 milik owner x di-copy atau diduplikasi sebagai data baru yang owner-nya juga baru, yang pada contoh ini adalah variabel y.

Hasilnya, kedua variabel tersebut masing-masing adalah owner dari data yang berbeda, meskipun sumbernya adalah dari data yang sama. Perilaku ini disebut dengan copy semantics.

Semua tipe data primitif di Rust by default mengadopsi copy semantics. Ketika terjadi operasi assignment seperti pada contoh di atas, maka yang terjadi adalah data di-copy sebagai data baru, dengan owner baru, dan di sisi memory juga terjadi alokasi alamat baru untuk menampung data hasil copy tersebut.

Copy semantics by default berlaku pada tipe primitif.

Sudah dibahas pada chapter Memory Management ➜ Stack bahwa data primitif disimpan di stack dan pengaksesannya sangat cepat.

Dengan ini, copy data pada tipe primitif meskipun menghasilkan alokasi memory baru, konsekuensinya tidak terlalu besar karena pengaksesannya sangat cepat.

Ok, lalu bagaimana dengan contoh ke-2 berikut? Apakah yang terjadi juga sama?

let a = String::from("hello rust");
let b = a;
println!("a: {:?}, b: {:?}", a, b);

Ownership

Wow, malah muncul error. Kok bisa, padahal kode program sangat straightforward.

Jadi begini, sebelumnya sudah dibahas bahwa semua tipe data primitif mengadopsi copy semantics. Namun untuk tipe data non-primitif (yang salah satunya adalah custom type String) yang diadopsi adalah move semantics.

Pada move semantics, ketika ada operasi assignment seperti let a = b;, maka yang terjadi adalah owner dari data string hello rust berpindah dari variabel a ke b. Jadinya, mulai dari statement let a = b; dan statement seterusnya, owner dari data string hello rust bukan lagi variabel a, tetapi variabel b.

Ok, sampai sini cukup jelas. Tapi kenapa bisa error? Error muncul karena variabel a sudah tidak bisa digunakan lagi, data-nya (string hello rust) sudah berpindah ke variabel lain. Variabel a menjadi tidak valid setelah owner-nya berpindah, dan ini adalah penyebab kenapa pemanggilan variabel a via macro println menghasilkan error.

Ingat, setiap data pasti punya owner, dan satu data ownernya hanya satu.

Pada contoh di atas, owner data hello rust sudah berpindah dari variabel a ke b.

Intinya, variabel yang mengadopsi move semantics, setiap kali ada operasi assignment maka owner akan berpindah ke variabel baru.

Jika perlu, silakan coba praktikkan dengan tipe data non-primitif lainnya, seperti struct atau lainnya. Dengan pseudocode yang sama seperti contoh di atas, hasilnya adalah sama, yaitu error.

#[derive(Debug)]
struct MyStruct;

let g = MyStruct{};
let h = g;

println!("g: {:?}, h: {:?}", g, h);

Ownership

Copy semantics di Rust merupakan sifat yang dimiliki oleh trait std::marker::Copy.

  • Semua data primitif meng-implement trait std::marker::Copy yang berarti mengadopsi copy semantics.
  • Data non-primitif mengadopsi move semantics.

Lebih jelasnya mengenai traits dibahas pada chapter Traits.

A.34.5. Alokasi & dealokasi

Ok, masuk ke pembahasan selanjutnya, yaitu tentang alokasi dan dealokasi sebuah variabel dalam scope-nya.

Di sini kita akan gunakan custom type String sebagai contoh untuk mempelajari ownership. Untuk tipe non-primitif lainnya yang juga mengadopsi move semantics sebenarnya bisa dijadikan contoh. Tapi penulis memilih tipe String karena sering digunakan.

Sekarang perhatikan kode berikut:

fn main() {
do_something();
}

fn do_something() {
let mut k = String::from("hello");

{
let m = String::from("hello world");
let n = String::from("from rust");
k = n;

println!("{:?}", m);
}

println!("{:?}", k);
}

Fungsi main dideklarasikan, isinya adalah pemanggilan fungsi do_something.

Di dalam fungsi do_something, variabel k dideklarasikan. Statement deklarasi tersebut adalah kapan proses alokasi memory berlangsung untuk data variabel k.

Kemudian ada block expression, dan di dalamnya terjadi lagi proses alokasi memory untuk data variabel m dengan nilai adalah string hello world, dan variabel n berisi string from rust.

Masih di dalam block expression, terjadi assignment operation, data variabel n berpindah ke variabel k. Lalu bagaimana nasib data string hello yang sebelumnya dimiliki oleh n? Yang terjadi adalah data tersebut tidak memiliki reference, dan nantinya di akhir fungsi akan di-dealokasi. Proses dealokasi terjadi setelah fungsi do_something selesai dieksekusi karena variable scope data tersebut adalah di block kode fungsi do_something.

Ok, masih dalam block expression. Ada statement print untuk data variable m yang merupakan statement terakhir di block expression tersebut. Setelah eksekusi block expression selesai, yang terjadi kemudian adalah:

  • data variabel m di-dealokasi, karena sudah out of scope.
  • data variabel n tidak di-dealokasi, karena sudah berpindah scope-nya ke fungsi do_something. Data tersebut sekarang ownernya adalah variabel k yang scope-nya ada di block fungsi do_something.

Kemudian variabel k di-print, dan fungsi selesai dieksekusi. Pada moment inilah semua data dalam scope block fungsi do_something di-dealokasi, karena kesemua data tersebut adalah out of scope dan tidak ada yang berpindah ke block fungsi lainnya.

Secara garis besar seperti itu proses manajemen memory pada Rust yang menerapkan konsep ownership.

A.34.6. Transfer ownership

Di atas sudah dibahas bagaimana cara untuk transfer ownership data yang mengadopsi move semantics, yaitu cukup dengan statement assignment.

Berikut adalah contoh lain perihal transfer ownership. Data string yang owner awalnya adalah msg1, berpindah ke msg2, kemudian berpindah lagi ke msg3.

let msg1 = String::from("hello");
let msg2 = msg1;
let msg3 = msg2;
println!("{:?}", msg3);

Coba modifikasi sedikit kode tersebut, dengan menambahkan deklarasi variabel msg4 yang nilai-nya didapat dari msg2.

let msg1 = String::from("hello");
let msg2 = msg1;
let msg3 = msg2;

let msg4 = msg2;
println!("{:?}", msg4);

Hasilnya adalah error, karena msg2 sudah invalid.

Ownership

Jika ingin memindah datanya ke msg4, maka gunakan statement let msg4 = msg3.

◉ Transfer ownership via return value

Transfer ownership data yang mengadopsi move semantics juga bisa dilakukan antar fungsi via return value. Sebagai contoh pada kode berikut, variabel m yang berada di dalam block expression berpindah ke luar scope yaitu ke block fungsi do_something via operasi assignment k = m. Kemudian berpindah lagi ke fungsi main via return value pemanggilan fungsi do_something.

fn main() {
let msg = do_something();
println!("{:?}", msg);
}

fn do_something() -> String {
let mut k = String::from("hello");

{
let m = String::from("hello world");
k = m;
}

return k;
}

◉ Transfer ownership via parameter/argument

Pemanggilan fungsi dengan menyisipkan argument juga menghasilkan proses transfer ownership untuk data yang mengadopsi move semantics. Contoh:

fn main() {
let msg = String::from("hello rust");
say_hello(msg);
}

fn say_hello(param: String) {
println!("{:?}", param);
}

Pada kode di atas, data variabel msg owner-nya berpindah ke parameter bernama param milik fungsi say_hello.

Ok, sampai di sini semoga cukup jelas ya tentang bagaimana proses transfer ownership terjadi pada data yang mengadopsi move semantics.

Untuk data bertipe primitif (yang mengadopsi copy semantics) kita tidak perlu repot memikirkan di mana letak owner datanya, karena setiap operasi assignment, data akan di-copy dan hasilnya ada data baru dengan owner baru.

Tapi kalau dipikir-pikir justru lebih repot mengurus data yang ownernya berpindah saat assignment. Sebagai contoh, misal variabel digunakan di fungsi lain, kemudian digunakan lagi di scope asalnya. Repot juga kalau setiap saat harus dikembalikan lagi via return value.

Misalnya pada kasus berikut ini. Hasilnya pasti error, karena variabel msg di print setelah owner-nya berpindah ke fungsi say_hello.

fn main() {
let msg = String::from("hello rust");
say_hello(msg);
println!("{:?}", msg);
}

fn say_hello(param: String) {
println!("{:?}", param);
}

Lalu apa solusinya? apakah harus mengembalikannya via return value? Contohnya seperti kode berikut:

fn main() {
let mut msg = String::from("hello rust"); // 1. awalnya data di sini
msg = say_hello(msg); // 3. lalu dikembalikan lagi ke sini
println!("{:?}", msg);
}

fn say_hello(param: String) -> String { // 2. kemudian berpindah ke sini
println!("{:?}", param);
param
}

Boleh-boleh saja sebenarnya pakai approach tersebut, tapi malah makin repot bukan?

Ada lagi solusi lainnya yang bisa digunakan, yaitu dengan memanfaatkan method clone untuk cloning data.

A.34.7. Clone data

Semua tipe data yang mengadopsi move semantics meng-implement trait std::clone::Clone. Trait ini memiliki method bernama clone yang gunanya adalah menduplikasi atau clonging data. Cukup panggil saja method tersebut, maka data akan ter-cloning.

Lebih jelasnya mengenai traits dibahas pada chapter Traits.

Kita akan terapkan pada kode sebelumnya, hasilnya kurang lebih seperti ini. Pada argument pemanggilan fungsi say_hello disisipkan data cloning via statement msg.clone().

fn main() {
let msg = String::from("hello rust");
say_hello(msg.clone());
println!("{:?}", msg);
}

fn say_hello(param: String) {
println!("{:?}", param);
}

Ok, dengan ini masalah untuk me-reuse data yang bisa berpindah ownernya dianggap beres. Memang beres, tapi apakah cara ini baik kalau dilihat dari sudut pandang memory management?

Konsekuensi dari cloning data adalah terjadi proses alokasi lagi di memory. Data akan di-duplikasi dan dialokasikan ke alamat memory baru, jadinya kurang efisien. Ditambah lagi, jika kita mengacu ke penjelasan pada chapter Memory Management ➜ Heap Memory, data String isinya disimpan di heap memory yang pengaksesannya lebih lambat dibanding pengaksesan data stack. Dari sini bisa disimpulkan bahwa cloning bukan solusi yang paling baik (kecuali terpaksa).

Solusi yang lebih baik adalah dengan melakukan operasi pinjam data dari owner aslinya tanpa perlu melakukan operasi perpindahan owner, yang pada Rust programming disebut dengan borrowing.

Kita sebenarnya sudah menerapkannya beberapa kali pada chapter yang lalu, tapi kita akan bahas lagi lebih detail (dari sudut pandang ownership) pada chapter Borrowing.

A.34.8. Ownership pada data literal

Kita akan bahas topik ini pada chapter berikutnya, yaitu chapter Borrowing.

A.34.9. Move semantics pada macro println

Ada yang unik dengan macro println. Silakan coba kode berikut agar terlihat keunikannya.

fn main() {
let str1 = String::from("luwe");
println!("{str1}");
do_something(str1);

let str2 = String::from("ngelak");
do_something(str2);
println!("{str2}");
}

fn do_something(str: String) {
println!("{}", str);
}

Jika dijalankan ada error di statement terakhir fungsi main.

Ownership

Seperti yang sudah dibahas, bahwa tipe String mengadopsi move semantics. Ketika data bertipe ini digunakan pada operasi assignment seperti contohnya sebagai argument pemanggilan fungsi, maka owner berpindah.

Tapi entah kenapa, khusus dalam pemanggilan macro println, owner-nya tidak berpindah. Ajaib.

Silakan lihat sendiri di gambar di atas, ketika str1 digunakan pada macro println, kemudian digunakan lagi pada argument pemanggilan fungsi do_something, hasilnya tidak error.

Akan tetapi ketika digunakan pada pemanggilan fungsi terlebih dahulu, jika digunakan lagi di statement di bawahnya hasilnya error.

Ini adalah keistimewaan dari macro println dan beberapa macro untuk keperluan printing lainnya.

Lebih jelasnya mengenai macro dibahas pada chapter Macro.


Catatan chapter 📑

◉ Source code praktik

github.com/novalagung/dasarpemrogramanrust-example/../ownership

◉ Referensi